sinopsis dan review film - film terbaik

Talvar (2015)

Sinopsis Film Talvar (original title) / Guilty


Sebuah kisah nyata tentang kasus pembunuhan ganda pada tahun 2008 terhadap seorang gadis 14 tahun bernama Shruti dan pembantunya, Khempal. Dimana orang tua korban dinyatakan sebagai tersangka utama pembunuhan.

Kasus yang rumit, karena kepolisian yang dipimpin oleh Inspektur Dhaniram (Gajraj Rao) membuat beberapa kesalahan ceroboh sehingga penyelidikan mengalami kebuntuan akibat terkontaminasinya TKP oleh warga dan beberapa wartawan yang mendatangi rumah Shruti (Alisha Parveen), tempat dimana ia tewas.

Seorang penyidik berpengalaman bernama Ashwin (Irrfan Khan) kemudian datang dengan menghadapi beberapa teori yang jauh berbeda dengan penyelidikan yang dilakukan kepolisian di bawah arahan Inspektur Dhaniram sebelumnya. Ketika itu, Ashwin harus bekerja secara profesional karena disaat yang sama ia sedang menjalani proses perceraian dengan istrinya, Reema (Tabu).

Ashwin menemukan beberapa bukti dan kejanggalan dimana tersangka mengarah kepada rekan Khempal, Kanhaiya (Sumit Gulati). Sayangnya, sebelum membuktikan Kanhaiya bersalah, Ashwin harus dipaksa berhenti dari penyelidikannya oleh pimpinannya yang baru.

Tim lain lalu dibentuk mengganti Ashwin, hasil penyelidikan berbeda tetapi tersangka kembali mengarah kepada kedua orang tua Shruti. Dengan berbagai teori yang saling bertentangan tentang pelaku, kedua orang tua Shruti harus mendekam di balik penjara atas perbuatan yang mungkin atau tidak mungkin mereka lakukan.

Ashwin : "These people have created imaginary stories about everything!"

Penonton diajak menyelidiki kasus
Terkadang kita mendapati sebuah film yang mana ending-nya tidak benar-benar berakhir alias menggantung. Seperti yang kita tahu, film ini didasarkan pada kejadian nyata, orang-orang yang mengikuti kasus ini pada 2008 tentu akan menemukan cerita yang tidak lengkap. Tapi sutradara Meghna Gulzar memastikan bahwa pesan dari film sudah lengkap.
Film ini memberikan tiga sudut pandang berbeda untuk bekal penonton agar dicerna setelah film berakhir. Tergantung dari metode investigasi Anda, mana sebenarnya yang benar-benar bersalah. Karena pada akhirnya semua orang hanya berharap keadilan untuk Shruti.
Irrfan Khan
Selain dengan akting-nya yang sudah tak diragukan lagi, Irrfan kembali dengan film India yang penuh dengan nuansa India alami tanpa dibarengi dengan embel warna-warni dan kemegahan latar seperti yang terjadi pada film India yang suka nyanyi-nyanyi itu.
Saya suka film India yang selalu ia bintangi, seperti The Lunchbox. Sebuah film yang tak terlalu memperlihatkan musikalitas sama sekali. Di Talvar, ia berpasangan dengan Tabu, sayangnya kualitas akting yang dimiliki Tabu tak dimaksimalkan di film ini.
Secara keseluruhan, Talvar sudah menjamin seluruh kualitas cerita, akting dan bahkan menyelipkan sedikit humor walau sekejap. Segala aspek dan sudut pandang dilengkapi dengan sindiran dan berbagai rumor yang menghiasi betapa kontroversinya kasus ini.

Tentunya sutradara Meghna Gulzar dan penulis naskah Vishal Bhardwaj mengambil cukup waktu untuk meneliti kasus ini untuk dibuat ke dalam sebuah film layar lebar. Menyajikan plot dalam beberapa sudut pandang dan mengajak penonton untuk menyimpulkan sendiri ending film-nya. 7/10.




Plot Keywords: murder | investigation | based on true story
Genres: Drama | Mystery | Thriller
Country: India
Language: Hindi | English
Release Date: 2 October 2015 (USA)
Also Known As: Guilty
Opening Weekend: $144,713 (USA) (2 October 2015)
Gross: $342,370 (USA) (30 October 2015)
Production Co: Jar Pictures, Junglee Pictures, Vishal Bhardwaj Pictures

Share this article :
+
Previous
Next Post »