sinopsis dan review film - film terbaik

Straight Outta Compton (2015)

Sinopsis Film Straight Outta Compton


Setiap ketenaran seseorang tentu memiliki latar belakang masa lalu yang berbeda bahkan jauh lebih buruk. Hal ini juga tak dapat dipungkiri dari masa lalu seorang rapper Eazy-E (Jason Mitchell) yang dulunya adalah seorang pengedar dan pecandu narkoba. Ia menjadi seorang pimpinan grup NWA yang mengusung musik hip-hop bersama Ice Cube (O'Shea Jackson Jr.) dan Dr. Dre (Corey Hawkins).

Tentu mereka juga memiliki latar belakang masa lalu yang berbeda. Tapi hal itu tak menyurutkan semangat mereka untuk membuat sebuah lagu hip-hop dengan gaya anak jalanan. Dan tentu saja, dengan cepat lagu mereka menjadi hits dibeberapa radio di Los Angeles. Karena kepiawaian Ice Cube dalam menciptakan lagu yang terinspirasi dari pengalaman mereka sebagai mionoritas kulit hitam.

Kesempatan ini tak ingin dilepas begitu saja oleh seorang produser musik bernama Jerry Heller (Paul Giamatti) yang memimpin sebuah rekaman bernama Ruthless Records. Dibawah manajer Jerry, NWA cepat melejit dan memiliki banyak penggemar serta mampu tur di beberapa kota. Meskipun tak sedikit juga yang benci karena liriknya yang mengadung kata kasar dan unsur ajakan membenci.

Dan ujung-ujungnya adalah uang. Dan ketika uang berbicara, saudara pun mampu terpecah belah dibuatnya. Jerry yang lebih menguntungkan Easy-E membuat Ice Cube hengkang dari NWA dan menjadi penyanyi rapper solo. Awalnya Dr. Dre tidak percaya akan tindakan Ice Cube, tapi akhirnya sadar juga ketika uang yang mengalir malah dimakan habis oleh Jerry. Yang mana kenyataannya telah memanfaatkan Easy-E sebagai penghasil uang.

Ice Cube : Fuck Ruthless! This Lench Mob, nigga!

Masih mungkin

Saya ingin mengakui sepenuhnya kalau film ini cukup menghibur. Semua kejadian dan peristiwa yang terjadi, konteks, dan musik digambarkan jelas di film Straight Outta Compton. Tak perlu pemahaman khsusus untuk mengerti ceritanya. Karena pada dasarnya sutradara F. Gary Gray menggambarkan kejadian nyata di film ini seolah berjalan begitu cepat.

Memang peristiwa yang terjadi tidak sepenuhnya ditampilkan, tapi paling tidak banyak adegan dan fakta-fakta yang dibeberkan pada masa lalu dan menjadi referensi tersendiri bagi mereka yang tahu sejarahnya. Jadi masih ada kemungkinan segala kejadian nyata yang pernah ada tetap disembunyikan.

Banyak musik banyak durasi

Memang durasinya hampir menyentuh tiga jam. Tapi tenang saja, itu bukan sesuatu yang berlebihan untuk urusan cerita. Soalnya ada jeda antara 10 hingga 30 menit kisah di film Straight Outta Compton diselingi dengan musik hits NWA yang terkenal di era 80-an. Jadi metodenya hampir sama dengan film Bollywood India. Kenapa?

Penjelasannya begini, sebuah film dengan cerita panjang jika diselingi dengan lagu tentu akan menghabiskan durasi yang tidak sedikit. Nah tentu saja itu juga terjadi pada film India. Tak terkecuali untuk Straight Outta Compton.

Saya terkesan dengan akting O'Shea Jackson Jr. yang bermain sebagai Ice Cube. Sangat sesuai dan sama menakutkannya dengan sikap, postur tubuh dan pola gerak dari ayahnya. Sehingga memberikan kesan lebih realisme. Dan juga tambahan aktor kenamaan Paul Giamatti yang sangat cocok sebagai karakter penuh ambisi dan angkuh.

Film ini menurut saya lumayan, tapi mungkin saja tidak cocok untuk fitur kandidat pemenang Oscar atau ajang penghargaan lainnya. Hal ini jelas dibuat jauh dari kesan unsur biografi. Karena pada akhirnya, Straight Outta Compton hanyalah film geng rapper biasa. 6/10.




Plot Keywords: hip hop | rap music | gangsta rap | nwa | rags to riches
Taglines: The world's most dangerous times created the world's most dangerous group
Genres: Biography | Drama | History | Music
Country: USA
Language: English
Release Date: 14 August 2015 (USA)
Also Known As: Hai'sher mi'Compton
Filming Locations: Los Angeles, California, USA
Budget: $28,000,000 (estimated)
Opening Weekend: $56,100,000 (USA) (14 August 2015)
Gross: $161,029,270 (USA) (16 October 2015)
Production Co: Circle of Confusion, Cube Vision, Legendary Pictures

Share this article :
+
Previous
Next Post »