sinopsis dan review film - film terbaik

Irrational Man (2015)

Sinopsis Film Irrational Man


Kalau dalam sebuah kampus, antara dosen dan dosen selingkuh atau antara dosen dan mahasiswa selingkuh, itu hal yang sudah biasa terjadi. Kalau seorang dosen berselingkuh dengan dua orang sekaligus, dosen dan mahasiswanya sendiri, itu hal yang masih jarang terjadi. Itu yang seorang dosen bernama Abe (Joaquin Phoenix) alami. Ia baru saja pindah ke sebuah kampus kecil untuk mengajar mata kuliah filsafat selama musim panas.

Disana Abe mengenal seorang profesor bernama Rita (Parker Posey) dan berselingkuh dengannya. Di saat yang sama Abe juga sedang dekat dengan mahasiswanya yang pintar bernama Jill (Emma Stone). Jill sendiri memiliki pacar yang cukup tampan, Roy (Jamie Blackley). Tapi entah bagaimana Jill lebih tertarik bersama Abe.

Abe sebenarnya adalah orang yang putus asa, tak punya tujuan hidup dan tak memiliki semangat juang seperti orang lain pada umumnya. Terbukti ketika ia sempat akan bunuh diri di depan mahasiswanya. Hingga suatu hari, ketika ia duduk di sebuah cafe bersama Jill, ia mendengar permasalahan seseorang yang duduk di belakangnya. Perempuan itu menyalahkan seorang hakim yang memenangkan hak asuh anaknya pada mantan suaminya.

Segera Abe memiliki tujuan hidup ketika ia berusaha membantu perempuan tersebut diam-diam untuk membunuh sang hakim. Kini ia bersemangat menjalani harinya karena hidupnya yang dulu suram tak punya tujuan. Setelah membunuh sang hakim, ia tak lantas lolos dari kebebasan.

Karena Jill, seorang mahasiswa cerdas yang secara kebetulan merangkai berbagai cerita dari orang-orang yang ia kenal yang membuatnya bisa membuktikan kalau pembunuh si hakim adalah Abe. Kini terserah Abe, apakah ia ingin menyerahkan diri ataukah tidak.

Abe : "I want to apologize for all the trouble I've caused."

Dua cerita dengan tiga pendapat

Harus saya akui, film ini memiliki sedikit kejutan yang menggelitik di akhir ceritanya. Karena di awal, sempat saya pandang sebelah mata film ini. Itu karena ceritanya yang diawali dengan alur yang tidak cukup menjanjikan. Persis seperti gaya sutradara Woody Allen selalu lakukan pada semua filmnya.

Menuju pertengahan, oke semakin menarik menurut saya. Apalagi seisi film dirangkai lewat beberapa narasi dari karakter Abe dan Jill berdasarkan sudut pandang masing-masing. Setelah itu, menjelang akhir cerita yang awalnya membosankan ini benar-benar memberi kejutan yang tak terduga. Saya sendiri suka dengan kejutan.

Kenapa di awal saya bilang membosankan? Itu karena kisah cinta antara kedua karakter utama berjalan lambat dan datar. Seolah film ini akan bercerita tentang perselingkuhan sepenuhnya. Tapi tunggu, cerita berubah haluan menjadi sedikit menegangkan. Karena diisi dengan plot pembunuhan yang kompleks. Ketika menjelang akhir, kedua cerita ini dipadukan dengan gaya yang tetap sederhana tapi berhasil memberikan kejutan kecil yang tak terlalu berlebihan.

Tidak rasional

Sekarang saya berbicara sedikit tentang plotnya, sutradara Woody Allen memang selalu membuat film dengan pengembangan cerita yang datar dan halus lalu disertai dengan ending mengejutkan. Ia juga menyertakan bahwa kehidupan yang sederhana tidak sesederahana itu. Pertanyaan-pertanyaan dasar kehidupan dalam dialog yang sengaja tak dijawab. Serta memberikan perbedaan signifikan, antara seorang pahlawan dengan penjahat.

Karakter Abe yang diperankan oleh Joaquin Phoenix sudah cukup baik, meski dengan body-nya yang sudah menunjukkan usianya tak terlihat seperti psikopat sama sekali. Sedangkan Emma Stone, dilihat darimanapun ia memang cantik dengan berbagai karakter yang selalu ia bawakan.

Kesimpulannya, saya tidak bisa mengatakan suka atau juga tidak suka dengan film ini. Hanya saja saya lega telah menontonnya, kalau pun tidak saya tonton, bukan juga suatu keharusan. 5/10.




Plot Keywords: professor | teacher student affair | boyfriend | continental philosophy | flashlight
Genres: Drama | Mystery
Country: USA
Language: English
Release Date: 7 August 2015 (USA)
Also Known As: Untitled Woody Allen Project
Filming Locations: Rhode Island, USA
Opening Weekend: $175,312 (USA) (17 July 2015)
Gross: $4,027,764 (USA) (30 October 2015)
Production Co: Gravier Productions

Share this article :
+
Previous
Next Post »