sinopsis dan review film - film terbaik

The Wave (2015)

Sinopsis Film The Wave / Bølgen (original title)

Meski sulit untuk diprediksi, tak ada yang benar-benar tahu kapan dan saatnya gunung Åkneset benar-benar hancur. Apabila benar-benar terjadi, maka kota di bawahnya akan hancur dihantam tsunami setinggi 85 meter.

Akan tetapi, seorang ahli geologi bernama Kristian (Kristoffer Joner) merasa ada yang tak beres dengan gunung tersebut. Sebenarnya ia akan pindah dari kota tersebut bersama istri dan kedua anaknya untuk sebuah pekerjaan baru di kota lain. Namun sebelum pergi, Kristian sadar betul bahwa gunung Åkneset akan mengalami longsor di bagian sisinya yang memang sudah retak.

Ketika rekannya yang bernama Arvid (Fridtjov Såheim) memeriksa retakan gunung tersebut, longsor benar-benar terjadi. Akibatnya tsunami setinggi lebih dari 80 meter siap menghantam kota dalam 10 menit. Peringatan akan tsunami segera membuat warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Masalah datang ketika Kristian bersama anaknya Julia (Edith Haagenrud-Sande) tak bisa menemui istri (Ane Dahl Torp) dan anak lelakinya, Sondre (Jonas Hoff Oftebro). Setelah tsunami menghantam kota, tiba misi Kristian untuk mencari dan menamukan keluarganya yang terjebak di bunker hotel.

Kristian : "Dad is going to go and find them now."

Layak tapi mampu diprediksi
Pada dasarnya segala hal yang ada di film The Wave sebenarnya sudah cukup untuk sebuah film bencana. Mengingat ini tak semegah film bencana San Andreas. Tetapi semua visual efek, musik, sampai akting sudah didukung oleh aktor yang cocok.

Alur cerita juga mudah diprediksi dan tidak memiliki cukup kedalaman bahkan pengembangan. Penonton dipaksa menunggu hingga 40 menit durasi film untuk melihat gelombang tsunami menghantam kota. Setelah itu, yang ada hanya drama bagaimana karakter utama terseok-seok mencari keluarganya.
Dan pada akhirnya semua selamat meski ada sedikit dramatisasi ketika karakter Kristian dinyatakan mati. Padahal semua orang tahu kalau jarang-jarang ada film bencana dimana karakter utama ada yang mati dalam cerita. 5/10.




Plot Keywords: disaster movie
Genres: Action | Drama | Thriller
Country: Norway
Language: Norwegian
Release Date: 2016 (USA)
Also Known As: The Wave
Filming Locations: Romania
Production Co: Fantefilm, Film i Väst

Share this article :
+
Previous
Next Post »