sinopsis dan review film - film terbaik

The Walk (2015)

Sinopsis Film The Walk


Sebuah kisah nyata ...

Pada tahun 1970-an, dari seorang wire walker profesional bernama Philippe Petit (Joseph Gordon-Levitt). Sejak kecil ia sudah menguasai teknik berjalan di atas tali sejak ia mengenal sirkus milik Papa Rudy (Ben Kingsley). Segera Papa Rudy menjadi mentor Philippe untuk menjadi ahli dalam atraksi wire walker.

Suatu hari, ia melihat sebuah menara kembar di sebuah majalah yang hampir selesai di bangun, World Trade Center. Philippe merasa terpanggil untuk melakukan antraksi berjalan di atas kawat antara kedua menara WTC tersebut.

Untuk melakukan aksinya, ia harus merekrut sebuah geng kecil untuk membantunya. Diantaranya Annie (Charlotte Le Bon), Jean-Louis (Clément Sibony), termasuk orang dalam di WTC, Barry (Steve Valentine).

Pemasangan kawat yang mereka lakukan terjadi di malah hari, karena apa yang mereka lakukan adalah sesuatu yang ilegal. Sehingga pada tanggal 6 Agustus 1974 pagi, Phillippe menggemparkan dunia dengan berjalan di seutas kawat antara kedua gedung kembar WTC tanpa satupun pengaman.

Phillippe : "I salute the wire, then the towers, and then I salute the great city of New York."

Review
Berdasarakan pengalaman saya selama menonton, dari semua film yang dibintangi Joseph Gordon-Levitt, semuanya bagus kecuali Sin City. Ia adalah aktor multi talenta yang memiliki masa depan cerah di Hollywood. Di film ini ia hadir sebagai karakter Perancis. Tentu saja ia juga harus berbahasa Inggris tapi dengan logat khas Perancis.
Saya tak tahu apakah cengkok Perancis-nya hasil dari latihan atau hanya sebuah efek suara yang di edit. Tapi ada satu waktu kadang ia berbahasa Inggris sempurna tanpa logat Perancis, entah ia lupa atau apa. Jadi mungkin itu bukan efek suara, melainkan hasil latihan. Intinya ia berhasil mengisi karakter Phillippe dengan baik.
Ada penjahat
Sebelumnya saya mengulas dari film kisah nyata, Everest. Film epik yang bagus tapi tidak memiliki orang jahat atau orang baik sama sekali di dalam cerita. Tapi cerita film Everest tetap bagus.
Di The Walk, saya tampaknya melihat sekilas sosok orang jahat dalam cerita. Dan yang mengejutkan orang itu adalah karakter Phillippe sendiri.
Adegan ketika seorang pria berjas menaiki atap tempat karakter Phillippe akan beraksi. Sampai sekarang karakter berjas itu tak memiliki arti akan kehadirannya dalam cerita. Persoalannya, karakter Phillippe memegang pipa besi seolah terancam akan sesuatu. Disini kita bisa menilai watak karakter Phillippe yang seperti seorang penjahat. Anda yang mengerti tentu tahu apa yang ada di benak Phillippe.
The Devil Wire Walker
Ini hanya sebatas pendapat saya, secara keseluruhan The Walk adalah film yang menarik selama 120 menit durasinya. Dan butuh 90 menit untuk melihat adegan pamungkas sebenarnya di film ini. Yaitu karakter Phillippe berjalan di atas kawat. 90 menit pertama hanya menceritakan masa lalu dan petualangan karakter Phillippe menjadi seorang wire walker.
Menariknya, sentuhan sutradara Robert Zemeckis mampu membuat adegan 90 menit ini tak ada yang membosankan. Dan itu terbayar ketika cerita pamungkasnya memasuki klimaks.
Saya pikir, judulnya tak terlalu menarik. The Devil Wire Walker mungkin bisa menjadi judul yang menarik ketimbang sekadar The Walk. Tapi sekali lagi itu cuma pendapat saya.
The Walk lebih dari sekadar aksi visual dari kecakapan aktor, make-up, skenario atau bahkan untuk peristiwa yang sebenarnya. Seperti yang saya katakan sebelumnya, sutradara Robert Zemeckis mampu membuat film ini memiliki ritme yang tetap menawan dan dinamis.

Secara keseluruhan, film ini memuaskan. Efek visual yang sempurna bagi mereka yang punya ketegangan akan ketinggian. Dan omong-omong mengenai ketinggian, bukan mungkin lagi, sudah pasti Phillippe Petit adalah yang pernah dan satu-satunya orang yang berjalan di atas kawat di antara gedung kembar WTC. Mengingat WTC sudah lagi tak ada. 8/10.




Taglines: A true story.
Genres: Adventure | Biography | Drama | Thriller
Country: USA
Language: English | French
Release Date: 9 October 2015 (USA)
Also Known As: To Walk the Clouds
Filming Locations: Montréal, Québec, Canada
Budget: $35,000,000 (estimated)
Opening Weekend: $1,560,299 (USA) (2 October 2015)
Gross: $10,137,502 (USA) (6 November 2015)
Production Co: ImageMovers, Mel's Cite du Cinema, Sony Pictures Entertainment (SPE)

Share this article :
+
Previous
Next Post »