sinopsis dan review film - film terbaik

The 33 (2015)

Sinopsis Film The 33


Bagaimana perasaan Anda ketika terperangkap dalam tambang selama beberapa hari? Pengap kali yah atau mungkin saja sangat menyesakkan. Itu baru beberapa hari, bagaimana kalau seminggu atau bahkan sebulan? Bisa mati sia-sia walau makanan hanya cukup seadanya. Tapi itu tidak terjadi untuk ke 33 para penambang emas di Chile.

Berdasarkan kisah nyata ...

Hari berjalan seperti biasanya, terutama untuk Mario Sepúlveda (Antonio Banderas). Tapi memang sudah takdirnya terkubur hidup-hidup dalam tambang karena pada hari itu ia mengajukan diri tetap bekerja pada supervisornya Don Lucho (Lou Diamond Phillips) di hari liburnya karena ia masih butuh uang. Sayangnya, itu adalah hari terakhir Mario melihat matahari sampai dua bulan berikutnya.

Sebelumnya, Don Lucho sudah mencurigai ada yang tak beres dengan tambang emas tersebut. Pecahan cermin menjadi bukti bahwa tambang tersebut telah bergerak tak wajar. Sehingga pada hari yang naas itu, Don Lucho harus menyelamatkan diri dari runtuhan tambang yang membuat ke 33 buruh tambang terjebak di sebuah ruang penampungan, untungnya disana ada persediaan makanan yang cukup untuk beberapa hari.

Di luar, berita tentang runtuhnya tambang cepat menyebar. Keluarga dan kerabat para buruh tambang mendatangi lokasi dan meminta penanggung jawab segera mencari mereka yang terjebak di bawah sana. Menteri Pertambangan bernama Laurence Golborne (Rodrigo Santoro) segera turun ke lokasi untuk berusaha sebisa mungkin menyelamatkan para buruh yang terjebak.

Laurence sadar bahwa ia tak tahu apakah ke 33 buruh tersebut masih hidup ataukah tidak. Tapi ia menampik hal itu dan yakin bahwa mereka masih hidup. Laurence lalu dibantu oleh ahli pertambangan bernama Andre Sougarret (Gabriel Byrne) untuk melakukan pengeboran secepat mungkin.

Pengeboran demi pengeboran banyak menuai kegagalan karena tak mampu menemukan lokasi yang tepat dimana para buruh terjebak. Sehingga pada suatu hari pengeboran tersebut berhasil menemukan para buruh. Waktu yang ditempuh melakukannya adalah selamah 69 hari. Dan selama 69 hari itu pula ke 33 para buruh tambang terjebak dalam ruang gelap dengan persediaan makanan seadanya.

Here Lived 33 Miners

Ada lebih dari 33 pemeran utama

Apa yang cukup membantu di film ini adalah kehadiran Antonio Banderas dan Lou Diamond Philips dalam cerita. Tentu saja mereka bermain sebagai karakter dari salah satu penambang. Ketika judul film disebut The 33, tentu penonton sadar ada 33 penambang yang akan menjadi dasar cerita di film ini. Tapi tidak serta merta menceritakan semuanya karena pasti akan sulit untuk fokus pada mereka semua.

Cerita hanya fokus pada beberapa dari mereka seperti karakter Mario, Don Lucho, Yonni, Mamani dan beberapa karakter penting lainnya. Hal ini mungkin sebagai pengadil karena terlalu banyaknya cerita yang mungkin akan dihadirkan dalam film.

Agar adil, cerita diselingi beberapa problem seperti salah satu penambang yang akan pensiun, ada yang meniru Elvis, penambang memiliki dua istri, penambang baru asal Bolivia atau penambang yang punya masalah dengan kakaknya. Setidaknya mereka adalah karakter yang sedikit lebih menonjol di dalam cerita The 33.

Film ini bukan hanya tentang para penambang yang terjebak di bawah. Namun juga mengikuti tentang drama dan konflik yang terlibat dari karakter yang ada di atas. Karakter ini kebanyakan hanya berupa cameo kecil yang banyak dan salah satu yang menonjol cuma para karakter perempuan saja. Terkadang ada cerita yang mengambil sudut pandang dari Pemerintah termasuk Presiden Chile, tapi itu tidak berpengaruh apa-apa bagi orang awam yang ingin terlibat dari kisah sebenarnya.

Seharusnya inspiratif

Film yang didasarkan kisah nyata, seharusnya menjadi sebuah cerita yang penuh inspirasi. Di film The 33 saya menemukan hanya sedikit garis motivasi yang terlihat murahan. Tidak ada sesuatu yang mungkin bisa diambil hikmahnya. Lagipula, dalam film ada beberapa karakter yang sedikit mengambil peran antagonis walau hanya sesaat.

Visual efek yang dibuat juga tampak nyata di awal reruntuhan. Tampak realisitis pula ketika momen emosional para karakter saat terkubur. Raut wajah mereka cukup meyakinkan sehingga saya bisa menyimpulan bahwa akting ke 33 karakter buruh tambang ini sudah bagus.

Jadi bagus atau tidak? Menurut saya lumayan. Hanya saja sulit untuk mengatakan bahwa adegan antara tambang dengan dunia luar terlalu berjalan cepat dan konstan. Sehingga mungkin saja ada banyak kisah yang terlewatkan begitu saja. Secara keseluruhan, The 33 hanya sebuah drama rata-rata dengan sedikit emosi dan inspirasi. 6/10.




Plot Keywords: mine shaft | chile northern | chilean miner | number in title
Taglines: Discover the miraculous true story
Genres: Biography | Drama | History
Country: USA | Chile
Language: English | Spanish
Release Date: 13 November 2015 (USA)
Also Known As: Los 33
Budget: $25,000,000 (estimated)
Opening Weekend: $5,787,266 (USA) (13 November 2015)
Gross: $12,188,642 (USA) (8 January 2016)
Production Co: Alcon Entertainment, Dynamo, Fabula

Share this article :
+
Previous
Next Post »