sinopsis dan review film - film terbaik

A Walk in The Woods (2015)

Sinopsis Film A Walk in The Woods


Menjalani masa tua seharusnya diisi dengan kegiatan santai dan menyenangkan. Paling tidak kegiatan yang tak begitu menguras tenaga dan waktu. Hanya saja pikiran seperti itu yang tak ada dalam kamus hidup Bill Bryson (Robert Redford). Bryson adalah seorang penulis yang menjalani masa pensiunnya di Amerika setelah lama tinggal di Inggris.

Suatu ketika, muncul keinginannya untuk melakukan sebuah perjalanan jauh di jalur Appalachian Trail. Pikiran tersebut terbesit begitu saja, akan tetapi hal itu tak mudah ia segera lakukan. Karena tentu saja istrinya Catherine (Emma Thompson) berusaha melarangnya. Tapi namanya suami keras kepala, Catherine pada akhirnya melepaskan Bryson untuk melakukan apapun yang ia inginkan.

Namun sebelum melakukan perjalanan, Bryson mencoba menghubungi beberapa temannya yang siapa tahu ada yang juga tertarik ikut bersama dirinya. Tidak seperti Bryson, mereka yang sadar sudah terlalu tua untuk itu tak ada yang bersedia. Hingga akhirnya muncul seorang temannya yang bersedia ikut bersama Bryson. Anehnya Bryson sendiri tak pernah menghubungi temannya itu.

Dia adalah Stephen Katz (Nick Nolte). Awalnya Bill ragu, karena Katz adalah pria yang masa lalunya dipenuhi minuman dan narkoba. Daripada berjalan sendirian, ada baiknya jika ada yang temani. Akhirnya jadilah perjalanan Bryson bersama Katz.

Dalam perjalanan mereka tentu saja mendapat banyak kesulitan, namanya saja orang tua. Mereka menghadapi berbagai rintangan seperti jatuh ke sungai, terjebak di jurang, diserang beruang, diganggu wanita cerewet, hingga dikejar pria beristri. Jangan tanya, karena Katz sendiri yang menggoda istri orang lain. Dan ajaibnya, mereka dengan mudah bisa keluar dari berbagai masalah tersebut.

Pada akhirnya, bukan sampai atau tidaknya perjalanan mereka. Melainkan bagaimana hubungan mereka berjalan yang sebelumnya tidak begitu baik. Sehingga ada saat dimana Bryson tertarik untuk menulis kisah perjalanannya di hutan ke dalam buku. Padahal dirinya sendiri sudah pensiun.

Bryson : "Well, that's the spirit."

Buku tak sama seperti film

Film ini dibuat berdasarkan novel karya Bill Bryson dengan judul A Walk in The Woods: Rediscovering America on the Appalachian Trail. Resensinya bagus, banyak pendapat review positif yang dikeluarkan. Tapi itu buku. Karena pada dasarnya, buku yang bagus tak menjamin hal bagus juga jika dibuat kelayar lebar. Dan itu juga berlaku untuk film yang dibintangi Robert Redford ini.

Tahu film Wild? Film "jalan-jalan" yang juga mengemas kisah nyata dibalik pembuatannya. Sebagian unsurnya sudah dipermak dengan menarik. Tapi ini berbeda dengan A Walk in the Woods yang digarap hampir sepenuhnya tidak sesuai harapan. Karena kedua karakter utama ini tidak memiliki cerita atau drama yang mengundang ada konflik yang berarti.

Hasilnya cerita yang datar dan membosankan. Hanya diisi dengan dialog panjang kedua karakter utama sehingga sisi komedinya juga hilang.

Tidak ada tujuan cerita

Ada banyak aspek yang menurut saya kurang di film ini. Sebenarnya bukan film yang buruk, mengingat kedua karakter utamanya diisi oleh Robert Redford dan Nick Nolte. Akting mereka sejauh film bagus-bagus saja. Yang menjadi persoalan adalah cerita di buku tak mendapat porsi yang banyak di dalam film. Hanya mengumbar perjalanan absurd dari Bryson dan Katz tanpa diakhiri dengan klimaks yang menyenangkan.

Secara keseluruhan, film ini tidaklah buruk tapi juga tidak begitu bagus. Karena tidak ada ketegangan atau tantangan dalam cerita yang seharusnya membuat kisahnya makin menarik. Apalagi film ini seharusnya memiliki klimaks yang menarik. Tetapi sebaliknya, hanya melihat dua orang tua menyerah dan pulang. 4/10.




Plot Keywords: appalachian trail | friendship | campground | hiker | hiking
Taglines: When you push yourself to the edge, the real fun begins.
Genres: Adventure | Biography | Comedy | Drama
Country: USA
Language: English
Release Date: 2 September 2015 (USA)
Also Known As: Derekh arouka
Filming Locations: Fontana Dam, North Carolina, USA
Opening Weekend: $8,400,000 (USA) (4 September 2015)
Gross: $29,467,855 (USA) (27 November 2015)
Production Co: Route One Films, Wildwood Enterprises

Share this article :
+
Previous
Next Post »