sinopsis dan review film - film terbaik

Poltergeist (2015)

Sinopsis Film Poltergeist


Pindah rumah baru? Kayaknya asyik tuh. Apalagi harganya murah, bikin tergiur segera membelinya. Tapi kenapa bisa sampai semurah itu? Usut punya usut ternyata perumahan yang dibeli keluarga Bowen itu adalah tanah bekas pemakaman. Pemakaman yang dipindahkan beserta mayatnya itu wajar saja, tapi kalau cuma batu nisannya yang dipindahkan tanpa mengikutsertakan mayatnya apa tidak terdengar seram?

Eric (Sam Rockwell) dan Amy Bowen (Rosemarie DeWitt) baru mengetahuinya setelah diceritakan oleh tetangga baru mereka. Karena benar saja, anak mereka Madison (Kennedi Clements), Griffin (Kyle Catlett) dan Kendra (Saxon Sharbino) mendapat teror yang menyeramkan di rumah baru mereka. Padahal sebelumnya, Griffin sudah melihat ada yang tak beres dengan rumah itu.

Hal paling menakutkan tiba saat Madison terperangkap disemacam dunia gaib. Di mana media elektronik seperti tv hanyalah penghubung antara dunia hantu tersebut. Tak ada yang sanggup dilakukan Eric dan Amy. Ketika itu muncul harapan saat mereka kedatangan Carrigan Burke (Jared Harris). Seorang paranormal yang ahli di bidang pengusiran hantu.

Akhirnya diketahui, bahwa yang meneror mereka adalah arwah jahat. Arwah yang merasa terganggu dengan kehadiran keluarga Bowen. Hal yang harus mereka lakukan adalah mengirim seseorang untuk menyelamatkan Madison sebelum semuanya terlambat.

Madison : "They're coming."

Don't Remake a Classic

Sebelum mengawali ulasan saya, saya ingin memberitahu Anda bahwa saya belum pernah menonton film Poltergeist versi original-nya yang diarahkan oleh sutradara Tobe Hooper pada tahun 80-an. Sehingga ulasan ini tidak akan terlalu didasarkan pada perbandingan. Tapi saya percaya kalau Poltergeist klasik ini pasti lebih baik karena naskahnya ditulis oleh Steven Spielberg.

Kalau menyangkut nama sutradara yang satu ini, hampir pasti filmnya berkualitas. Sebaliknya, saya hanya akan memberikan sebuah ulasan jujur dari pendapat saya yang sederhana berdasarkan remake terbaru ini.

Harus saya akui bahwa saya tidak melihat dari sudut manapun kalau film ini menakutkan. Hanya ada adegan sekali dua kali yang berusaha membuat ketegangan tapi itu sudah klise di banyak film bertema horror. Ceritanya pun begitu datar dan hambar, penonton hanya disuguhi kualitas visual efek yang seolah lupa bahwa ini adalah film horror.

Bedanya saja adalah jika di versi original-nya menggunakan tv tabung, maka yang ada di film ini adalah LED tv. Dan membuat sebuah remake membutuhkan keberanian yang bulat. Mudah saja membuat remake dari film yang jelek. Kalau film yang bagus? Itu sebenarnya sulit.

Karakter terbelakang

Yang saya ingin bicarakan disini adalah karakter Griffin. Perasaan saya saja atau karakter ini tampak terbelakang. Karena terlihat hanya ia yang bersifat sensitif pada hal-hal yang menakutkan. Terlalu umum juga karena setiap film horror pasti ada karakter yang seperti itu.

Saya juga ingin berbicara tentang tetangga mereka. Ketika mereka mengalami semua teror, tetangga mereka bahkan tidak menyadarinya. Seolah hanya keluarga Bowen satu-satunya yang tinggal di lingkungan itu. Dan apabila dulunya perumahan itu adalah bekas pemakaman seluas lapangan bola, lalu kenapa hanya rumah keluarga Bowen yang diteror. Sial sekali yah mereka.

Saya memang penggemar film horror, tapi film ini memberikan sesuatu tidak seperti yang saya harapkan. Mungkin ada orang diluar sana yang mungkin berpikir berbeda tentang ulasan saya. Tapi jujur saya memang tidak merasa takut atau terkesan dengan film ini.

Karena saya orangnya rasional, jadi saya kira tidak ada rekomendasi yang baik untuk memiliki pengalaman menakutkan dalam menonton film ini. 3/10.




Plot Keywords: brother sister relationship | ghost | cemetery | university | dinner party
Taglines: They know what scares you.
Genres: Horror | Thriller
Country: USA | Canada
Language: English
Release Date: 22 May 2015 (USA)
Also Known As: Poltergeist: Juegos Diabólicos
Filming Locations: Pinewood Toronto Studios, Port Lands, Toronto, Ontario, Canada
Budget: $35,000,000 (estimated)
Opening Weekend: $22,600,000 (USA) (22 May 2015)
Gross: $47,415,690 (USA) (31 July 2015)
Production Co: Fox 2000 Pictures, Metro-Goldwyn-Mayer (MGM), Ghost House Pictures

Share this article :
+
Previous
Next Post »